PESTA DEMOKRASI SMP N 3 BAYAT


Admin 12 November 2022
Share:

Bayat,  7 November 2022

Dalam rangka mengenal unsur – unsur demokrasi di indonesia maka pada hari ini, Senin, 7 November 2022 SMP N 3 Bayat  menggelar pesta akbar yang akan menjadikan bekal dalam kehidupan berdemokrasi di negeri ini melalui Pemilihan Ketua OSIS SMP N 3 Bayat untuk masa bakti 2022/2023. Dalam kegiatan ini dikemas dengan Projek Base Learning Suara demokrasi.

Model dari kegiatan ini disesuaikan  dengan model pemilihan umum yang ada di negeri kita Indonesia, hal ini bertujuan untuk mengenal demokrasi yang dianut oleh negara ini. Dalam proses pemilihan dimulai dengan beberapa tahapan, antara lain : Pembentukan panitia pemilihan pengurus Osis,  penjaringan calon pengurus osis, penungutan suara, penghitungan suara, penetapan calon jadi dan selanjutnya adalah pelantikan pengurus osis.

Dalam proses pembentukan panitia pemmungutan suara dibagi menjadi 10 TPS dimana panitia seluruhnya adalah kelas tujuh yang menjadi binaan sebagai projek Base Leaning yang dibimbing oleh guru mapel PKN, Mapel TIK, Mapel Bahasa Jawa. Pada tahap pembentuakan panitia pemungutan suara ini kemudian disebut dengan KPPS (kelompok Pemungutan Pemilihan Suara) yang terdiri dari : Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, Bendahra dan anggota. Dan disetiap KPPS terdiri dari petugas keamanan, pemantau pemilu,

Kemudian untuk tahapan pencalonan pengurus osis, diambil sebanyak 6 siswa dari kelas 8. Adapun pendaftarnya ada sebanyak 12 siswa, kemudian diadakan seleksi oleh panitia. Adapun materi dari seleksi adalah : wawasan wiyata mandala, visi dan misi, pengetahuan umum dll. selain itu diberi kesempatan bagi calaon terpilih untuk kampanye dan pidota terbuka tentang visi dan misinya.