In House Training : Aset dalam Pembelajaran


Admin 2 July 2024
Share:

Selasa, 25 Juli 2024

In House Training merupakan kegiatan yang akan digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah yang tercinta ini, pada kegiatan ini akan mengambil tema tentang pemanfaatan aset sebagai sumber pembelajaran di sekolah maka kepada bapak ibu guru diharapkan dapat mengambil peluang aset ini dalam memajukan SMP tercinta ini. Adapun kegiatannya sebagai berikut :

Materi 1 : Aset Sumber Daya Manusia sebagai modal pembelajaran

Pemateri : Drs Eguh Setyo Surono, M.M

Ini adalah aset terpenting, meliputi seluruh warga sekolah – guru, siswa, kepala sekolah, tenaga kependidikan, hingga orang tua sehingga akan dibutuhkahan kolaborasi untuk memaksimalakna pembelajaran dalam sekolah . kemudian dilanjutkan degan Diskusi kelompok  tentang : Aset Sumber Daya Manusia sebagai modal pembelajaran, setelah itu dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi. Diskusi dibuat kelompok untuk membuat program kerja yang berkaiatan dengan aset SDM, kemudian hasil diskusi akan dipresentasikan di forum  presentasi Presentasi kelompok  tentang : Aset SDM, sebagai modal pembelajaran. Presentasi di wakili oleh Bapak Romi Fitriyanta, S.Pd dan timnya yang meliputi : bp Hardina, S.Pd, Bp Edy. S, S,Pd, dan bapak Rabbani, S.Pd. adapun tema yang diambil adalah “Si Guru Wasis” yang artinya Sinergi guru untuk wawasan Bea siswa.

Adapun materi selanjutnya adalah Modal sosial dapat diartikan sebagai norma dan aturan yang mengatur pola perilaku warga di dalamnya. Di dalam komunitas tersebut juga terdapat unsur kepercayaan (trust) dan jaringan (networking). Sedangkan Modal fisik terdiri atas dua kelompok utama, yaitu bangunan dan infrastruktur atau sarana prasarana. Bangunan digunakan untuk kelas atau lokasi kegiatan pembelajaran, laboratorium, pertemuan, dan pelatihan.  Presentasi kelompok  tentang hal  ini akan d wakili oleh Rita Sarimurni, S.Pd dan timnya yang terdiri dari : Triningsih, S.Pd, dan Andarita Ratih, S.Pd. adapun tema yang diambil adalah “Seliter Degan” yang Semangat Literasi dengan Target Mingguan”.

Materi 2 : Aset lingkungan dan finansial,  dan politik sebagai modal pembelajaran.

Pemateri : Eni Umariyati, S.Pd, M.Pd

Modal lingkungan merupakan aset potensial yang belum diolah tetapi bernilai ekonomi tinggi dalam upaya pelestarian alam dan kenyamanan hidup sedangkan Modal finansial digunakan untuk membiayai pembangunan dan kegiatan sekolah. Ini termasuk tabungan, hutan, investasi, pengeluaran dan pendapatan pajak, hibah, gaji, serta sumber pendapatan internal dan eksternal. Adapun program yang muncul dari aset ini adalah Presentasi kelompok  tentang : Aset Aset lingkungan dan finansial  sebagai modal pembelajaran ini akan diwakili oleh Sri Widayati, S.Pd dan timnya yang terdiri dari : Suratmi, S.Pd, dan Mariman, S.Pd. adapun tema yang diambil adalah “Pro Cling” yang artinya Program Cinta Lingkungan”.

Adapun asetselanjutnya adalah  modal politik digunakan untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Modal politik umumnya berkaitan dengan kekuasaan dan kebijakan.  Presentasi kelompok  tentang : Aset Aset lingkungan dan finansial  sebagai modal pembelajaran ini akan diwakili oleh Asim Sulistyo, S.Pd dan timnya yang terdiri dari : Endang S, S.Pd, dan Bambang Eka N, S.Pd. adapun tema yang diambil adalah “Jejak Digital” yang artinya Jelas dan Bijak dalam berdigital